Apa sih Bilirubin, SGOT dan SGPT itu?

Belakangan saya akrab sekali dengan istilah Bilirubin, SGOT dan SGPT. Binatang apalagi sih itu?

Mari kita korek-korek info soal ketiga jenis binatang ini.

Bilirubin adalah produk utama dari penguraian sel darah merah yang tua. Bilirubin disaring dari darah oleh hati, dan dikeluarkan pada cairan empedu. Sebagaimana hati menjadi semakin rusak, bilirubin total akan meningkat. Sebagian dari bilirubin total termetabolisme, dan bagian ini disebut sebagai bilirubin langsung. Bila bagian ini meningkat, penyebab biasanya di luar hati. Bila bilirubin langsung adalah rendah sementara bilirubin total tinggi, hal ini menunjukkan kerusakan pada hati atau pada saluran cairan empedu dalam hati.

Bilirubin mengandung bahan pewarna, yang memberi warna pada kotoran. Bila tingkatnya sangat tinggi, kulit dan mata dapat menjadi kuning, yang mengakibatkan gejala ikterus. (Data diambil dari spiritia)

Note: Lihat gambar di bawah. Gambar ini diambil dari hasil Test Lab saya sendiri. Perhatikan tingkat kerusakan fungsi hati saya. Nilai kerusakan dan nilai normal. Kata dokter sih ini lumayan parah. Wak waaaww!

Ternyata, kita tidak boleh menyepelekan fungsi organ tubuh sekecil apa pun di dalam diri kita. Satu saja dari mereka mengalami masalah, efeknya terasa ke seluruh tubuh. Salah satu caranya adalah, mungkin ya dengan menyelerasakan semua anggota tubuh atau organ tubuh dan memberlakukannya dengan adil. Jangan egois. Cuma gara-gara mulut pengen makanan lezat, kita mengabaikan organ tubuh di bagian perut. Hmmm…! Baiklah. Mulai sekarang, perhatikan kepentingan semua organ tubuh supaya tidak ada yang mengalami masalah satu sama lain.

Bagaimana dengan binatang SGPT (Serum Glutamik Piruvik Transaminase) dan SGOT (Serum Glutamik Oksaloasetik Transaminase)?

Ini penjelasan singkatnya.

SGPT (juga dikenal sebagai ALT) dan SGOT (AST) adalah enzim yang dipakai oleh hati dalam pekerjaannya. Biasanya enzim ini ditahan dalam hati, tetapi bila hati menjadi rusak karena hepatitis, semakin banyak enzim ini dapat masuk ke aliran darah. Tingkat enzim ini dalam darah dapat diukur, dan tingkatnya menunjukkan tingkat kerusakan pada hati.

Biasanya, beratnya kerusakan digambarkan dengan berapa kali di atas normal. Contohnya, bila SGPT Anda 80, berarti SGPT Anda sedikit di atas dau kali (2x) normal. Kalau 120, berarti 3x atas normal. Biasanya, tingkat SGPT/SGOT dianggap masalah bila 3x atau lebih di atas normal, tetapi juga harus dilihat gejala lain. Kalau SGPT agak tinggi (tergantung keadaan; bisa 5x atau lebih), tetapi tidak ada gejala lain, dokter biasa hanya akan memantau lebih berhati-hati.

SGPT dan SGOT Anda hanya sedikit di atas normal, jadi kemungkinan Anda tidak harus khawatir. Tetapi sebaiknya Anda membahas dengan dokter. (Data diambil dari spiritia)

Note: Perhatikan hasil test lab berikut. Ini adalah hasil test lab SGPT dan SGOT saya. Bandingkan nilai kerusakan dan nilai normalnya. Ini sih bukan 5 kali lipat lagi ya. Berlipat-lipat. Wajar saja jika level SGPT dan SGOT mencapai setinggi ini membuat saya berpikir, ”Wah! Saya merasa sudah di ambang kematian nih. Saatnya insaf:d!” Itu saking lemas dan tidak berdayanya. Kalau saja saat itu saya sedang di angkot dan ada komplotan yang ingin merkosa saya, maka mereka dengan leluasa merkosa saya tanpa ada perlawanan sedikit pun. #Eaaaaa!

Dan kabar buruknya, setelah 10 hari bedrest, hasil lab menunjukkan tingkat SPGT masih 300. Itu artinya masih berlipat-lipat ketidaknormalannya. Dokter bilang,”Wah! Masih tinggi nih. Bilirubinnya masih 1,9 nih.” Waks! Terus berapa lama normalnya, dok? Dengan enteng dia jawab, ya sebulanlah minimal. Dengan catatan nggak ada lembur sampai malem ya. Kalau masih lembur-lembur ya makin lama normalnya. KOWAWAWAWAWAWA!  (.)(.)

Lalu, langkah apa yang harus kita lakukan supaya hati kita tetap segar, sehat dan berfungsi dengan baik? Berikut adalah langkah-langkah yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Sering-seringlah mengganti sarung bantal. Jangan menahan buang air kecil.  Ini salah satu kebiasaan kita, KFC, BK, Mekdi dan makanan Siap Saji / Junk Food lainnya. Kalau bisa hindari, kalau nggak bisa ya kurangi. Jangan makan kalau nggak lapar. Ini susah nih. Kita seringnya lapar mata ketimbang lapar perut. Wakwaaaaw!

Selanjutnya, kebiasaan membungkus makanan panas ke dalam plastik. Kalau perlu, hindari semua yang berbau plastik deh. Jangan menggoreng makanan dengan sisa minyak untuk menggoreng (jelantah). Nah, dengan kata lain, kurangi gorengan abang-abangan! Jajan di tempat yang tidak bersih. Inilah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Jajan makanan yang banyak bahan pengawetnya. Wah! Semua jajanan beginian mah mengandung bahan pengawet, pemanis buatan dan bahan kimia lainnya. Minum air putih yang sehat. Kunyah makan sampai halus dan nggak perlu buru-buru. Hindari konsumsi gula dalam jumlah yang leboy. Kasih perhatian ke usus dengan memberikannya makanan yang segar dan HARAM hukumnya memakan makanan yang dipanaskan berulang-ulang. Jangan makan kalau lagi stress. Hindari sembelit.

Wah! Banyak banget ya hal-hal yang harus dihindari supaya hati tetap suci, bersih, sehat, segar dan berfungsi dengan baik. Beberapa hal sepertinya ada yang sulit dihindari. Ya minimal dikurangilahyah. Kita harus tetap sehat supaya bisa menjalankan kehidupan dengan normal. Karena sakit itu tidaklah enak dan buang-buang duit!

Semoga sehat selalu ya untuk kita semua! Ayo, mulai sekarang, HIDUP SEHATLAH sodarah-sodarah!

Gile ye. Tulisannya jadi serius begini. Hadehhh!

 

Tra raangg! Inilah hasil lab. Kacau ya. Jauh banget dari nilai normalnya.

Tra raangg! Inilah hasil lab. Kacau ya. Jauh banget dari nilai normalnya.

Ini hasilnya setelah seminggu kemudian. Lumayanlah.

Ini hasilnya setelah seminggu kemudian. Lumayanlah.

“sonofmountmalang”

 

162 thoughts on “Apa sih Bilirubin, SGOT dan SGPT itu?

  1. gue lagi hep. A nih. malah disuruh minum gula.
    udah dua bulang kaga sembuh2. Pas sembuh, terus kambuhan.

    tahunya udah sembuh total gimana sih? sempet normal sgpt sgot, terus kambuh lagi..

    • Katanya, dulu, kalau sudah kena hepatitis A itu tidak akan kena lagi. Soalnya badan udah ngebentuk antibodi sendiri, tapi sekarang itu virusnya udah berevolusi juga. Jadi yang kena bisa kena lagi. Tahunya sudah sembuh total sih waktu saya cek SGPT dan SGOTnya bener-bener normal dan jaga makanan dulu selama dua bulan. Jangan makan yang bisa memacu hati kerja keras. Kalau saya tidak minum gula, tapi madu asli (bukan nusantara) dicampur dengan air hangat. Itu lebih baik dan lebih cepat memulihkan hati. Plus minum air rebusan alang-alang. Saya butuh sebulan untuk pulih dan dua bulan untuk bener-bener sangat normal kembali.

      Semoga berguna dan cepet sembuh yah:)

  2. Anakku umur 14 tahun kena hep A mas, bisa bantu untuk solusinya?? Sudah 2x opname dirumah sakit. di opname yg ke dua parameter yg tidak stabil tinggal di Bilirubin. Tadinya sdh turun dari 15 ke 7 hingga terendah 5,1. Tapi sempat naik lagi ke angka 5,8. SGPT-SGOT normal. Bagaimana caranya agar bilirubin bisa di kisaran normal dan tetap stabil…

    • Hihihiih! Saya bukan dokter, Mba Dwi. Mungkin tritmen anak kecil sama dewasa beda kali ya. Saya sering2 minum madu murni aja sih waktu itu. Sama istirahat yang banyak plus makannya dijaga, Saya juga sebulan lebih baru normal dan kebetulan belum super parah, jadi dirawat. Sama minum rendaman ilalang waktu itu. Gosipnya bagus. Saya minum selama sebulan setiap pagi tuh. Sampe detik ini tidak ada apa-apa. Semoga membantu.

  3. setahu saya selama belajar di keperawatan pembimbing saya bilang jika virus itu tidak ada obatnya…jadi dia bersifat melemah saja…paling untuk bisa bertahan lama kita harus meningkatkan intake makanan (gizi) sebagai sistem pertahanan tubuh (sistem imun)…Tapi jangan khawatir setiap penyakit pasti ada obantnya..

  4. ATI-ATI LHO KALO KASIH KOMENT, YANG BIKIN SAKIT BUKAN DOKTER, TP YANG BIKIN SAKIT DAN MENYEMBUHKAN SAKIT YA ALLOH….BISA BISA JATUH KEPADA SYIRIK PERKATAAN, MESKI CUMAN BERCANDA, MAKANYA ATI2 KALO BERCANDA DLM MASALAH INI…..INGAT LHO SYIRIK TUH DOSA YG BISA MENYEBABKAN SESEORANG KELUAR DARI ISLAM …..BANYAK2 TAUBAT DAN ISTIGHFAR YA…..MAAFKAN KALO KURANG HALUS KATA2NYA…..

  5. dan hari ini saya sefang trkapar dirumah karena sgot n sgpt 10x batas normal. dokter blum menganjurkan opname karena msih bisa makan minum normal.
    infonya brguna banget. makasih ya.

  6. Malem, mohon solusi…
    Saya punya teman yg sekarang HEP B kambuh nilai SGOT & SGPT normal tapi BILIRUBINnya naik sampe 15 padahal harga normalnya cuma 0,2 — 0,8 trus albumin turun dari harga normal 4 —5.5 g/dl. kira penyebabnya apa ya…?

    • Kayanya harus cek ke dokter. Minta saran dokter. Kalau sudah ke dokter, nanti biasanya ada antibiotik dan obat. Sementara kalau saya, proses penyembuhannya dibantu sama minum madu hutan dan rebusan akar alang-alang setiap pagi sore malam. Ada lagi obat alami di kampung-kampung, mereka minum air rebusan remis yang diambil dari selokan-selokan di sawah. Konon itu mempercepat penyembuhan Hep A. Selebihnya istirahat, tidur makan bangun tidur makan bangun, kaya lagunya Mbah Surip. Semoga membantu:)

  7. mata dan kulit tubuh kuning kah? sy saat ini jg begitu tp blm tau sakit apa kata dokter kena livery, ud tes urine n darah tp blm dibaca dotery, kalo saya baca sih bilirubin total 12,58mg/dl, sgot 532U/L, sgpt 209U/L duh jd takut, ketemu doktery baru hari senin besok nih….

    • Wah. Saya sih waktu itu sgot dan spgtnya ribuan. Udah parah tapi nggak mau dirawat. Masih bisa sembuh istirahat di rumah. Kalau melihat tanda2nya sih udah pasti ya. Cuma kayanya kamu nggak heboh. Masih ratusan. Siap siap istirahat aja yah dan cepet sembuh.

  8. I thought I’d thank you for visiting my blog, but since you seem to communicate only in your native language, I’m not certain that you understand me?
    And I haven’t been able to register any avatars from Indonesia? But perhaps you are operating out of another country?

  9. Pingback: hamidahainil

  10. Pingback: pre-eklamasi kehamilan | hamidahainil

  11. xixiie,, sy yg gie sakit jd senyum” baca’a… kbtulan d suruh cek darah jg,, dr bilang empedu sy terganggu,,, mgkin sy g sengaja ggu dya (empdu) jd dya ganggu balik hehe… eumz,, pola makan trnyta pengaruh bangetz,, mulai sayangi badan ahh,,, thanks wt info’a yuaaa,,, (◕‿◕✿

  12. Great post.Thank you for liking my recent post (Authentic…) l think there is nothing wrong with building castles in the air,but its wrong to try living in them.Best regards.jalal

    • Terima kasih, Marlin. Waktu saya sih telapak tangan kekuningan, bukan kemerahan. Mata putih kuning sedikit kehijauan. Dan banyak tanda-tanda lainnya, misalnya kulit juga ikut kuning. Untuk lebih jelasnya sih harus cek ke dokter ya. Semoga ga kenapa kenapa:)

      • Saya suka bgt baca tulisan ini,memotivasi bgt,bkn sya smngt n ketwa ketwi tiap bca. Kebetulan sya jg alami ini,sgot sgpt smpai ribuan bilirubin 33. 1 bln lbh skrg msh sgot 82 sgpt 207 bilirubin 7. Kl blh tau hasil lab mas dlu brp (g bisa di buka fileny)n sembuh total brp lama ya?udh sbulan g kerja ni sya :'(

      • Wohhh! Terima kasih udah mampir. Iya tuh file foto hasil labnya ilang. Nggak tahu kenapa. Seinget saya, sgot sgpt waktu itu mencapai 2800 dan bilirubinnya 300an. Sebulan kemudian dites tinggal 800an dan puluhan bilirubinnya. Istirahat nyaris sebulan. Bulan berikutnya nekad suting di Bali meskipun belum sembuh total dan nggak balik ke lab lagi, males dibilang masih tinggi sgot spgtnya. Plus selama 6 bulan berikutnya jaga makanan yang mewah mewah dan sehat dan dompet teriak dan sampai sekarang sembuh. Total normal lagi ya 3 bulanan lebih. Yang jelas selama penyembuhan manjain tubuh aja. Hahahaha. Cepet sembuh ya dwi. Senang senang aja. Jangan cape cape.

  13. blog nya ngebantu bgt .. Kemaren sy cek up hasilnya sgpt 60 udh panik krn dianjurkan maksimal 30. Udh mikir macem2. Puji tuhan kt dokternya cuma kecapean. Katanya kalau kena virus, leukositnya pasti melonjak juga. Trims ya .. Jadi makin ada pencerahan.. Mba alang2 nya beli atau dapat dr mana

  14. saya 2x cek darah d pemerintah n swasta hari ini dan kemarin kaget ngeliat hasil sgot n sgpt,untk pastinya jd 2x cek deh, msh ratusan jumlahnya, tp kata dokternya harus d tindak lanjutin, sharian sedih, buka2 internet ketemu ini dan baca comments artikel ini jd semangat soalnya msh banyak yg hasilnya ribuan :p, saya terapi temulawak soalnya koplikasi kolesterol juga, doakan y minggu ini saya teh darah HCV untk tau jenis hep nya, mudah2an aja gak jd hep :) tx smua yg udah comment, manfaat bgt bwt yg baru kena vonis hep :D

  15. Hep A itu bersifat akut, tdk ada pengobatan khusus, hanya perlu penanganan yg serius seperti menjaga intake makanan, menjaga kondisi tubuh, Hep A biasa dikatakan hepatitis yg plg jinak lah, beda klo hep. B itu sifatx kronik, artinya sudah lama menahun, sebaikx dibawa ke rumah sakit utk perawatan yg intensif,

      • kalo saya sgot 1100,sgpt 2100an kalo gak kebalik soalnya ni posisi di opname di rs, hasilnya masih dipegang dokter. minta sarannya dong…….
        Ma pengen nanya …bisa sembuh total gak sih…….
        Sekian makasih sebelumnya.

  16. Thank you for liking my post ( Awards……) have a wonderful weekend.Jalal ( l hope l will visit fascinating Indonesia in the future.)

  17. saya juga baru kemarin diindikasikan kena hepatitis A dg kadar SGPT dan SGOT 3x dr uk normal dan ada infeksi juga dibuktikan dg leukosit yang tinggi.
    sehingga dokter menyatakan sy ada sakit lever dan infeksi di tenggorokan (awalnya kalo ga menggigil parah cuma minum OBH). Rasanya aja udah wow ya gimana yang SGPT-SGOT nya sampe ribuan hahahaa… sempet diparno-in bokap juga kalau ga minum obat tinggal pilih hdp atau mati, hanya saja seinget saya kebentur di makanan (makan 2x gado2 diluaran g pernah bener, kmrn kena tipes skrg lever krna sy gak minum). tapi anehnya saya hanya dikasih antibiotk, racikan OBH, obat mual sama obat demam ga ada suplemen u/ lever.. namun dr menyarankan klo sampe besok mual-muntah nya makin heboh saya harus dirawat. malas diopname.. o_0 gimana kalo saya dampingi dg terapi temulawak ya mas? thx

    • Hahahahaha. Selamat kena yaaaa. Eh, malah diketawain. Istirahat aja. Makan yg bener. Minum yg jamu jamuan aja. Jangan mau diopname. Kayanya ga asik yah. Rebus ilalang, minum madu. Yg simpel simpel aja.

  18. Thank you for liking my post ( Boston Marathon ) l appreciate you support.Have a great day.jalal

  19. Terima kasih tulisannya sangat menyemangati. Saya juga baru kena hepatitis A 1,5 bulan yg lalu. SGPT/SGOT 2000 an, bedrest 2 mingguan, setelah itu kerja lagi tp saya jaga supaya tidak terlalu capek dan gak berani lembur2 lagi. terapinya, saya minum glucose yg bisa dibeli di supermarket2, minum temulawak yg dibuat sendiri (temulawak diblender, direbus dgn gula aren, kasih asam jawa sedikit lalu disaring), jaga makanan (bawa bekal dari rumah), gak jajan sembarangan dan menjaga ritme hidup (gak pernah tidur di atas jam 9 malam lagi). Setelah 1,5 bulan SGPT 41, SGOT 29.

  20. nanya boleh ? saya kena hep A ,sgot sgpt juga 1100 – 1220 . Setelah bed res di RS 8 hari keluar , pas sdh 150 – 300 an. Sdh seminggu di rumah, tinggal 60-70. Boleh kerja nggak sih kalau segitu ? atau hrs bed rest lagi ? kerjanya cuma di kantor doang, duduk , nggak jalan2. Punya advise ? thanks yaa…

    • Idealnya sih sebulan bedrest. Saya waktu itu sebulan. Sampai pulih beneran. Jangan dipaksa deh kalau beneran belum pulih. Enakan di rumah dulu aja. Leyeh leyeh. Makan. Nonton. Tidur. Xixixixixi.

  21. salam…istri saya sgot 18 sgpt 88 gamma gt 419…apa istri kena hep a atw b atw c?hdok kasih hp pro tp treatmennya apa bu?trims n tlg d bls

    • Wadduh! Saya tidak tahu kalau soal menentukan A, B atau C-nya. Coba saja konsultasikan ke dokter ahlinya. Saya bukan dokter soalnya. Hihihih! Saya cuma pernah mengalami HEP A saja. Mungkin baca komen-komen yang sudah pernah bisa membantu. Trims-trims:)

      Semoga cuma HEP. A deh ya. Cepet sembuh.

  22. saya hep.B kak.. tp saya tidak begitu merasakn gejala2 klo saya punya penyakit ini, dulu smpat brobat kedokter selama 6 bulan.. dan sekarang tdak lgi, tapi bberapa hari yang lalu saya merasakan nyeri pada daerah dibawah diagfragma bagian kanan.. saya periksaan SGOT?SGPT dan hasilnya SGOT nya Lebih dari angka normal, nah bagaimana y kak cara menormalkan nya kembali…..?

    • Wadduh! Serius tuh? Hiks! Saya tidak tahu kalau HEP B. Waktu saya kena HEP A, saya baca-baca, katanya HEP B itu lumayan berbahaya dan kalau terus berlanjut bisa berubah menjadi kanker hati. Saya baca-baca lho ya. Saya bukan dokter soalnya, jadi tidak begitu mendalami penyakit-penyakitan.

      Kayanya kamu harus beneran cek ke dokter yang mengerti soal itu deh. Soalnya rada serem ya kalau HEP B.

      Kalau menormalkan SGOT SGPT banyak cara. Obat dokter atau obat tradisional, tapi kalau, sekali lagi, HEP B, mungkin penanganannya lain. Kalau mau tahu, coba saja baca-baca komen yang sudah pernah kena. Mereka ada yang minum madu, remis dkk.

      Semoga nggak kenapa kenapa ya HEP B-nya. GBU!

  23. Wah bagus komen2nya banyak mencerahkan saya yang 3 minggu lalu dirawat selama 4 hari karena demam 3 hari berturut2, setelah cek darah nilai SGOT 82U/L dan SGPT 148U/L sehingga dokter menyarankan rawat inap. Setelah dinyatakan pulih dan boleh pulang, hasil cek darah terakhirnya menunjukkan nilai SGOT 61U/L dan SGPT 105U/L sehingga dokter menyarankan untuk kontrol 2 minggu kemudian dan saya diberi vit hati Biocurliv. Hasil cek darah setelah kontrol lagi masih belum memuaskan nilai SGOT 71U/L dan SGPT 126U/L, naik dari hasil tes darah terakhir. Kalo ngeliat komen temen2 yang kena Hep A, B atau C rata2 SGOT dan SGPT nya ribuan sedangkan saya masih diangka puluhan dan ratusan (2 ~ 3X nilai normal). Artinya SGOT dan SGPT saya belum ada apa2nya dibanding mereka, tapi dokter kok menyarankan saya untuk kontrol lagi ya 2 minggu ke depan? Any advise??

    • Mungkin kontrol untuk memastikan SGOT/SPGTnya normal. Tapi saya cukup dua kali kontrol. Berikutnya disuruh kontrol lagi, saya nggak datang. Males dan harus bayar dokter juga soalnya. Antara pelit, nggak punya uang atau sok pede aja sih udah sembuh. Hahhaha!

      Saran saya sih kalau percaya udah sembuh, lupakan dokter. Namanya dokter ya, cari duit kan dari pasien:p. Pengobatan ala jaman baheula aja tuh seperti komen-komen di atas. Cepet sembuh yaaa. Kalau mau lihat, tuh saya posting hasil LAB pada waktu itu.

  24. halo mbak…lagi cari-cari artikel tentang bilirubin trus liat blog-nya mbak…saya juga merasakannya mbak, bilirubin tinggi. ketika liat hasil lab, dan vonis dokter tentang beberapa kemungkinan sakit liver, rasanya lemes…kayaknya lebih karena efek psikologis ketimbang fisik.

    cemungudh….

  25. Thx atas tulisannya, jadi tau ni herbal-herbal untuk hepatitis. Curhat juga ah, saya baru kena hep juga 1 bulan yang lalu, nah setelah istirahat 2 minggu saya mulai kerja lagi. Trus saya dikasih saran dokter untuk minum pil cina gitu, kata orang namanya “mutiara kasih”, tapi di box nya namanya “bifendate pills”. Memang di boxnya ada tempelan untuk mengatasi radang hati kronis (pake bahasa indo di sela sela tulisan cino) bla bla bla dah. sampe sekarang saya masih minum itu. Mau tau aja ni, Mas “anak dari gunung malang” pernah denger pil itu nggak? atau dari semua yang comment tau pil yang saya pake itu? recomended nggak ya? thx

    • Belum pernah sih. Kalau kata dokter saya yang cina juga dan sering saya tanya soal kapsul kapsul ramuan cina, dia sih nggak rekomen. Lebih baik beli ramuan di apotek cina terus direbus sendiri. Begitu katanya:d

  26. sy usia 39 th sgpt 52, hdl kolesterol 33, glukosa puasa 152, glukosa 2 jam PP 232,,,,gmn ya cara nyembuhiny, udh brobt ke dr rutin tpi tdk ada perubhn, bdn sy lemes aja tuh,,,,smg ada yg bs bantu ngasi informasi

  27. Obat hepatitis yg ampuh itu adalah daun nangka kuning, yg cuma ada di dumatra selatan palembang, gunakan daun sebanyak 7 lembar, ambil air setengah gelas lalu diremas remas daunnya sampai air warna hijau lalu minum, setelah beberapa menit kita akan muntah, di dalam muntah tersebut ada partikel kuning seperti telor ikan. Setelah beberapa hari kita akan sembuh total.

  28. Wah lagi muter2 gugling nemu yang senasib nih. Hasil cek lab minggu lalu SGOT 40 (normal <38), SGPT 95 (normal <41) dan Gamma GT 157 (normal <49). Bilirubin Normal.

    Waktu kecil (SMP) pernah kena liver dan bedrest 1 bulan, jadi pas cek lab sudah yakin SGOT dan SGPT pasti tinggi. Yang kaget saat lihat Gamma GT yang naik 4x lipat. Panik dan shock sampe muter2 gugel untuk cari tau.

    Pengobatan sekarang minum ramuan temulawak, temulawak kapsul, diet ketat dari yg mengandung lemak. Kondisi masih pusing dan kliyengan walaupun masih memaksa untuk kerja (wiraswasta, kalo ga kerja ga gajian). Mudah2an cek bulan depan sudah kembali normal sehingga bisa mendampingi istri lahiran dan bisa menimang anak pertama kali. Amin

    Tetap semangat kawan, mari kita jaga hati kita masing2. Jagalah hati jangan kau sakiti, jagalah hati lentera hidup ini. :)

  29. lg gugling2 nemu deh artikel ini,suami sy pra opname sgot 1090 sgpt 1185,bilirubin 3.8. Eng ing eng udh bs nebak psti deh opname,.opname 5hr cek ulang turun sgot sgpt jd 300 ma 100,.blm boleh pulang,ini dah 2mgg opname,blm blh plg jg..kata dokter hrs bner2 bedrest total,.terapiny minum obt2 dokter ma temu lawak,mau tny km gk opnam sm sx mas?trus bs smbuh brp lama?

    • Ga opname karena:
      1. Saya nggak suka suasana RS
      2. Males keluar uang buat biaya RS
      3. Saya istirahat total di rumah selama dua minggu (makan tidur nonton browsing baca makan tidur mandi makan tidur) hahahaha

      Kalau bisa bedrest di rumah, kenapa harus di rs. Iya nggak sih. Kebetulan saya memang bilang nggak mau ke rs sama dokter langganan di dekat rumah. Untungnya saya masih bisa jalan sendiri, makan sendiri dan ngapa-ngapain sendiri. Bedrest dua minggu di rumah, kemudian ngantor dan tugas kerja di Bali selama 4 hari. Aman dan males cek ke leb lagi. Hihihih!

      Cepet sembuh buat suaminya:)

  30. Wah. Ternyata banyak yang senasib.
    Ini ngetik di rs nih, lagi di opname di ruang isolasi.

    Sebelumnya terimakasih banyak sudah sharing2 pengalaman. Jadi banyak yang sharing deh.

    Saya mau sharing juga nih.
    Saat ini saya sudah 8 hari opname di rs.
    Kena hepatitis A.
    Kondisi awal masuk rs nilai sgpt n sgot kalau nda salah 1400an n bilirubin 4.
    Setelah 5 hari di rawat sgpt n sgot turun jadi 100 n 400 tapi bilirubin naik jadi 6.
    Cek darah lagi kemarin (hari ke-7) hasilnya sgpt n sgot normal tetapi bilirubin naik jadi 7, jadi blm boleh pulang sama dokternya.

    Saya nda terapi herbal atau yang lainnya, cuma ngikutin full apa kata dokter n obat dari dokter.

    Nah kondisi saya sekarang infus sudah di cabut. Sudah bisa ngapa2in sendiri n seger, intinya sih saya ngerasa sehat deh. Hhe

    Besok Hari minggu (2 hari lagi – 24 nov 2013) cek darah lagi untuk liat bilirubin, kalo masih tinggi masih stay di rs. Nah saya udah bosen bgt di rs di ruang isolasi sendirian pula, gak ada yang nunggu (kasian orang rumah kalau cuma buat nungguin orang sakit).
    Niat saya setelah baca sharing kawan2 semua disini, apapun hasil cek darah hari minggu besok walau bilirubin masih tinggi saya minta keluar aja dr rs n rawat jalan sekalian bed rest di rmh + terapi herbal kaya yang kawan2 jalani. Di tambah gak semakin lama di rs semakin bokek nih.

    Sudah 2 minggu gak ngantor soalnya nih.
    Kira-kira gmana ? Mendingan saya bed rest di rumah aja kan ? Udah suntuk di rs sendirian terus nih.

    Udah gitu aja sharing saya. Hhe
    Oh iya. Kalau bilirubin tinggi bikin gatel badan. Wkwkwkw

    Salam :)

    • Wahhhhhh. Males banget diinfus segala. Saya sih nggak infus infusan. Toh, ini kan penyakit hep. A nggak sebahaya b dan c. Jadi butuh istirahat sama pulihkan fungsi hati. Kalau sampai 8 hari di rs males bangetttt. Hahahahah. Bosen pastinya. Saya bedrest di rumah. Seminggu kemudian ke bali buat kerja panas panasan di pantai.

  31. Update :
    Pagi ini saya di infus kembali.
    Susternya juga bingung, wong udah sehat make di infus lagi.
    Perintah infus datang dari dokter, kalo susternya di tanya kenapa di infus lagi ? Kan saya udah seger begini sus ?
    Susternya cm jawab “iya nih di suruh dokternya”

    • Kalau saya sih patokan segernya lari lari kecil, pecicilan dan nyetir udah ga cape ya udah saya anggap sembuh dan selama dua bulan menjaga makanan alias nggak makan makan junkfood, nggak makan di pinggir jalan atau warteg, nggak makan gorengan dan pedes pedesan. Setelah dua bulan pola makan sehat, baru deh tuh pede lagi makan serampangan sesekali.

      Kok aneh ya. Udah seger masih diinfus. Pemaksaan melorotin dompeeettttt. Hahahahahh.

      Ayo sehat. Jalan jalan ke pantai.

      • Terimakasih komennya mas :D
        Hari ke -9 (sabtu 23 nov 2013) saya minta pulang aja, soalnya udah merasa bisa bedrest di rumah.
        Minta izin pulang dengan catatan isi form persetujuan gt mas, hhe
        ya isi aja lah.

        Kondisi saat ini (senin 25 nov 2013) badan saya kuning dan mata kuning, sama guatell (karena bilirubin tinggi), tetapi saya lebih nyaman dan seger dirumah daripada di rs. udah gak mual dsb, tapi masih agak lemes.
        Tinggal proses pemulihan aja nih di rumah, sekaligus terapi pagi dan sore minum temulawak, siang minum sarangsari.
        kalo nafsu makan mah jangan di tanya, nafsu bgt saya makan mas,, hha

        oh iya besok saya checkup ke RS untuk cek darah, semoga aja udah normal semua :D

        Semoga kawan-kawan yang kena musibah serupa segera diangkat penyakitnya dan sehat serta beraktifitas seperti semula.

        Terimakasih banyak ya mas sharing2 nya :)
        Berguna sekali mas.

  32. Saya lagi naik juga nih sgpt/sgot, 53/73. Dicek hepatitis a/b/c smua negatif. Kondisi saya lagi pemulihan dispepsia (maag) dan asam urat tinggi (9). Kalau ada masalah dalam tubuh, misal di salah satu organ, organ2 lain kemungkinan bisa terpengaruh juga ya.. Kalau kecapean dan ga fit seperti saya sekarang, hasil lab di atas normal tapi di badan ga ada tanda-tanda spesifik… Jadi agak tenang nih hehhee…

    • Kan katanya, badan itu satu kesatuan utuh. Satu organ sakit, yang lainnya ikut sakit. Makanya jangan pilih kasih sama organ tubuh. Padahal saya baru hajar bleh kambing. Hahhahaah! Kacau. Olah raga yuk!:d

  33. Saya mau nanya, saya juga terkena fatty liver, terus di posisi hati sblh kanan bawa dada berasa sakit bgt sampai skrng blm hilang, dgr” kalau liver trapi air putih dan minum temulawak, tapi kok sakitnya masih berasa ya ? Kmrin wktu terkna liver sakit juga g hatinya ?

  34. Dadanya dibagian bawa sblh kanan sakit tak kalau gerak dan nafas ?
    Saya sakit bnr, terus saya g bnyk keluhan sii pas usg aja dibilang fatty liver, udh di suru minum obat antibiotik sama curcuma plus, dan g ada pusing dan lemea atau pun apa” , saya merasa aneh si,

    • Ohhhhhhh…!
      Ya ya!
      Saya share pengalaman saya sebulan lalu ya.

      Waktu saya tugas di Bandung sebulan lalu, saya merasa punggung kiri pegel dan sedikit kaku. Tapi saya tetap nekad tugas ke Bandung. Itu hari Senen kalau tidak salah. Hari minggunya saya sudah merasa pegal dan gerakin tangah kiri rada sakit.

      Hari Selasa rupanya sakit punggung kiri makin parah dan setiap cerita ke teman kerja, mereka selalu bilang,”Wah! Jantung tuh! Hati hati.”

      Saya jadi serem sendiri. Sambil tetap melakukan pekerjaan di Bandung, saya browsing soal serangan jantung dan hari rabu saya minta teman KOP punggung saya. Hasilnya merah parah dan sesudah tidur serta sebelum tidur saya minum pereda sakit.

      Parahnya, di hari Rabu. Dada saya sakit dan setiap kali menarik napas sakit. Gerak dikit sakit. Jongkok, bungkuk, balik badan pas tidur dan semua gerakan yang menyertakan gerakan tangan kiri serta dada kiri itu berasa sakit di bagian dalam.

      Saya panik dan takut serangan jantung. Saya pulang Rabu malam dengan kondisi antara kayanya bakalan mati di jalan nih gara gara serangan jantung. Hahhahaha! Serem asli. Napas sakit banget. Dada sakit. Gerak sakit.

      Besoknya saya ke dokter dan cek jantung. Rupanya otot jantung saya kram dan untungnya bukan serangan jantung.

      Dokter memberi obat pelemas jantung dan malamnya dada kiri serta napas saya mulai reda. Saya istirahat kamis, jumat, sabtu dan minggu. Senennya kembali sehat dan sampai sekarang AMIT AMIT merasakan sakit dada kiri seperti itu lagi.

      Itu sharing pengalaman saya. Semoga berguna ya.

  35. Sama bnr tu tapi saya cuma dada sblh kanan yg sakitnya dan g bisa gerak kyk yg kk ceritain, tapi skrng udh mendingan kok, yg buat aneh tu, sya g berasa pusing mual atau pun lemes, cuma sakit aja di dada kanan saya udh itu aja, dokter pada g bisa jlsin cuma taunya fatty liver, dan obat yg saya dapet juga g bnyk cuma 1 jenis yaitu penghilang rasa sakit, rencana mau cekup jadi males karena semua dokter blm bisa jlsin sakitnya apa

  36. Mau shere aja buat tmn” yg lagi terkana liver di usia muda sampai usia 35an jgn tkt buat g sembuh semuanya ada peroses, kita punya penykit lever berperoses bgitu juga sbliknya kita mau sembuh total perlu peroses, jadi buat tmn” lakukan yg terbaik buat dirikita sendiri jgn tkt g sembuh, sembuh dari penyakit itu ada di dirikita sendiri berdoa dan berpikir positif aja

  37. Thanks semua sharing2nya.

    Lanjut lagi ah.
    Selasa malam (habis maghrib) 23 nov 2013, saya cek darah di rs saya di rawat, namun kata dokternya (dokternya beda dengan yg merawat saya, saya lebih enjoy sama dokter ini karena penjelasannya lmayan panjang dan bisa di mengerti oleh pasien awam seperti saya ini).
    Setelah cek darah, besoknya suruh balik lagi jam 10 hari rabu 27 nov 2013.
    Karena saya merasa sudah agak sehat. Saya beraniin bawa motr sendiri ke rs (jaraknya 5 km dr rmh) itu juga cm naik matik.
    Hasilnya bilirubin saya turun dari 7, xx ke 2,xx (lupa detailnya, males liat hasil ceknya hhe)
    Sgpt dr 61 turun jd 51
    Sgot dr 176 turun jd 75
    Intinya sih blm ada yang normal. Haha

    Sama dokternya masih disuruh full bedrest di rmh, dan senin besok suruh cek darah lagi.
    Nah sepulang dr rmh sakit (rmh sakitnya sebelahan sama hypermart, saya sama ibu mampir deh ke situ buat beli buah n bahan masakan.
    Kira2 1 jam muter2 saya berasa capek, keringet dingin keluar. Terus sempet ke bengkel buat ganti ban.

    Sampe rmh paha sebelah kiri rasanya sakiiittt bgt. Badan berasa meriang n lemes bgt.
    Tepat deh 2 hari gak ngapa2in + badan nyeri n meriang.

    Tp alhamdulillah sekarang (sabtu 30 nov 2013) udah seger kembali, cm lemes bener bawaannya pengen tidurr terus.

    Jd emang bener harus full bedrest.

    Sekian 😁
    Terimakasih.

    • Wohhhhh!
      Bandel juga.
      Hahhaha!
      Cepet sembuh, Sasmit….
      Terima kasih sharingnya di sini
      Semoga yang lain, yang punya atau sedang didekati penyakit yang sama bisa tahu tindakan selanjutnya seperti apa.

  38. gan thanks untk sharingnya y, hebat anda SGPT dan SGOT sampe segede itu masih bisa ga stress, haha. iya mau nanya menurut pengalaman anda, jadi apakah bilirubin gede itu gara2 kurang istirahat ato bagaimana?

  39. Thank you yaa.. sharenya..
    aku dulu pernah Hep. B dengan angka2 yang ajaibbb tiap kali med-check.
    uda ga pernah sakit lagi.
    tapi ini br kemaren med-check lagi dan hasilnya HbsAg dan HbeAg nya Reaktif.. jadi kudu jaga2 lagi.. hehehehhehe

  40. harus nya kemarin jadwal aq operasi gi2 tapi gagal karna pas cek darah sgot-sgpt nya tinggi
    kata dokter hepatitis,dr ga jelasin tapi cuma di suruh minum obat 10hari
    aq jg ga ngerti n dr nya ga ngejelasin,belum minum obat nya c hehehe
    pengen yg tradisional
    makasih banget infonya
    bahaya ga c klo sgot53 sgpt120
    apa harus cepet2 minum obat
    truz menular ga c
    tapi sedikit lega karna ada yg sampai ribuan
    hahaaa

  41. Alo salam kenal….suami saya dinyatakan sakit tipus tgl 10 des,setelah 5 hr demam,abis bedrest seminggu,dicek darah sgot 120 sgpt 195. Tp hasil yg lain normal semua, udah minum obat lg,dan bedrest lg seminggu lg,trus dcek darah sgot dan sgptnya 80 dan 145, akhirnya td disuruh bedrest lg…..sempet stress jg ni saya. Dulu wkt minum temulawak,dibarengi jg dg obat dokter ga? Trus temulawak direbus aja gitu? Boleh pake gula ga? Dan berapa kali sehari minumnya?

  42. Sy mau opasi gigi,,,3x d unfbtur karna sgot dan sgpt sy tinggi,,,cek lab yg1 170an,,,,5hr minum obat antibiotik,,hp pro,,biocurliv,,,minum air gula 5x sehari atau sirup,,trun deh jd 67an,,,trus lanjut obat lg 5hr kedepan obat ganti,,,antibiotik dan apa gt,,,nah,,ga mempan,,,malah naik bbrp poin pas cek lab lg,,,haduuuuh,,mau aja sih nunggu tunda oprasi,,,yg cape itu bolak balik RS,,,gw arus minum apa ya br cepet normal???
    Ak baca dr td,,,madu n alang2,,,madu asli d jkt ini cari d mana,,
    Apa propilis bs membantu??sy slm ini minum propolis jg,,,pie iki???

  43. Saya juga barusan abis cek darah, SGOT & SGPT saya melebihi batas normal, Hb, leukosit, trombosit saya rendah. Kulit saya juga kekuningan, awalnya saya pikir cuma kena magh. Karna slalu sakit di bagian perut bagian atas. Ternyata liver saya kena, untuk obat alaminya selain rebusan alang” apa lagi ya? thx :)

  44. Makasih ya sis sharing infonya. Saya juga SGPT nya sedikit di atas normal. Baca tulisan di atas, minimal ada gambaran lah apa yang harus dilakukan supaya tetap sehat

  45. saya bilirubin negatif kq gatal2 yah apa akibat ga mandi sebulan? haha rata2 kena liver awalnya tipes yah… kecapean sih..mulai hindarin makanan cepat saji dan yg instant2,, kaya mie dan minuman sejenisnya

  46. Mbak,mas mau tnya dunk…org yg sakit types itu kebnyakan mengalami gangguan pd fungsi hati ya???trus kalu SGPT sm SGOTny tinggi n sudah normal lg..suatu saat apakah bs tinggi lg (kambuh)???terimakasih

    • Saya bukan dokter sih, tapi logikanya, jika badan kita dalam kondisi imunnya lemah, penyakit dan virus apa saja bisa timbul. Kita mungkin bisa menjaga diri kita, tapi makanan, orang masak, pekerjaan, jajanan dan segala faktor bisa menyebabkan penyakit apa pun kambuh. Begitu May…..

      Jaga kesehatan, olah raga dan jaga makanan sih. *Makanannya dijagain, jangan sampe dimakan orang lain:))*

  47. Mas nanya neh, suamiku kebetulan tadi cek lab, hasilnya trombosit turun jadi 111 pdhal normalnya 150-450, trus SGOT 1.495 & SGPT 1.205, belum konsultasi ama dokter sih, kira2 kalo rawat jalan ama jamu alami yang bagus apa ya?
    Terimakasih

    • Kayanya tetep harus konsul sama dokternya mba nurul. Selain dibantu obat dokter, juga dibantu obat alami. Saya nggak minum jamu waktu itu, tapi minum rebusan air alang alang dan madu. Kalau ada sih kerang remis yang suka ada di selokan. Itu biasa di kampung. Kalau selokan Jakarta mah udah nggak ada. Sama makan yg bener bener sehat dan istirahat. Begitu. Semoga membantu.

  48. Bagaima cara menurunkan bilirubin yg tinggi ya,….Sudah seminggu ini angkanya 7.5 dikasih resep dokter obat Questran,…tapi cari dimana mana gak Ada, kata apotik obat tsb sdh tak diproduksi lagi. Sy Coba Sequest Katanya mirip Questran,,,,,sdh seminggu cuma turun jadi 6.5 . Tapi gatal diseluruh tubuh gak ketulungan nih. Sepuluh th yg lalu sy pernah 8.5 juga. Dirawat di RS sembuh normal dibawah satu.

  49. kalo untuk gatal” coba pengobatan alami yaitu minum daun Sambiloto pagi ama malam ‘insya allah’ hilang gatalny….. slmat mencoba…..

  50. ikutan nanya ya…Dr. bilang saya kena liver dan saya di suruh minum bnyak manis2 ya kaya madu atau sari kurma karena saya ada lambung juga jadi ga boleh makan pedes,asem,apalagi kopi.1minggu lagi mesti cek lab SGPT n SGOT…kira2 mesti mengatur makanan sampai berapa lama ya??trus ada yg tau ga ciri2 fungsi hati yg udah membaik itu gimana…??

    • Saya dua bulan makan sehat. Hahahaha! Ciri ciri hati sudah sehat ya cek sgpt dan sgot sudah normal atau belum. Itu paling gampang. Kalau saya waktu itu feeling so good aja. Di dalam perasaan yang sehat, terdapat tubuh sehat juga. Hahahahah!

  51. mau tanya mas SGOT 336 SGPT 642 mau tanya mas, waktu proses penyembuhan makanan yang anda makan apa saja buat membantu proses penyembuhan, dan makanan yang anda hindari apa saja mas

    • ALANG ALANG itu kalau di SUNDA namanya EURIH. Yang diambil akarnya. Bisa ditemukan di padang rumput. Di SUPERMARKET juga ada dijual, di bagian sayuran. Di pasar juga dijual. Coba saja browsing:)

  52. wah saja juga mo ijin sharing nih. saya juga barusan kena hep. A sgot 800 sgpt 1600.setelah ke dokter suruh bed rest selama 10 hari dirumah (krn fisik saya dilihat masih kuat). setelah dikasih 2 obat sama dokter saya juga cari obat tradisional temulawak dkk satu paket jamu (ramuan cina penjualnya jga cina ). sehari minum 2 x sambil saya hajar minum klorofil dapat 5 hari air kencing saya sudah normal dan lainya sudah normal cuma ninggal mata yang agak masih kuning. saya tambah minum buah bit yang dijus dengan apple +pir+timun untuk detok hati, ginjal, kandung empedu dan racun dalam darah. hasilnay 3 hari (total 8 hari) mata saya udh mulai memutih. cek hari ini tadi sgot 42 sgpt 188 tinggal nanti malam konsul dokter.

    saya pernah dikasih tau teman juga dia kena hep A juga parah sampai gak bisa jalan & badan mengigil dll.dia hanya 6 hari bed rest dirumah sudah bugar caranya. hari 1-5 dia cuma minum jus bayam, jus tomat, jus wortel, jus bit minyak zaitun 2 sendok & minum madu yang dicampur air. untuk makanya dia hanya makan buah2 yaitu semangka, melon, pisang jeruk dia gak makan nasi sama sekali krn saking parahnya takut mmemperberat fungsi hati. hari keenam setelah minum jus bit dan bayam perut dia mual dan muntah yang keluar cairan hitam yang katanya kumpulan racun dalam hati, badanya lemas terus tidur selama 2 jam. setelah itu badanya bugar seperti tidak terjadi apa2 lagi hahahha. malamnya cek lab hasilnya oke sudah normal sgot & sgpt.

    disini linnknya klo mo baca http://classic.kaskus.co.id/thread/51ed5f1d3fcb17a04e000002/mengobati-penyakit-hepatitis-tanpa-harus-ke-rumah-sakit

    kesimpullan nya selain menggandalakna obat dokter harus diimbangi degan obat herbal/tradisional untuk memerangi peyakit ini juga tentunya istirahat total makan minum tidur. kegitan syaa cuma browing di kasur hahahaha..

    semoga sharing saya membantu yang lainnya.

  53. mo sharing juga nanya nih…bilirubin direk saya 0.25 dan total 0.78
    sementara SGOT 39 dan SGPT 45…bisa kasih info soal kondisi saya?
    kadang dada saya terasa nyeri pada saat kondisi lagi kecapean…tq

    • Walah! Saya bukan dokter, tapi kalo dada nyeri kayanya lagi patah hati tuh. Hohohoho!

      Kalau belum ribuan atau ratusan sih santai aja mas sofyan. Olah raga, makan sehat dan jangan lupa liburan ke pantai biar hepi:p

  54. Hallo.. mbak orang yang sangat luar biasa..
    perkenalkan saya Asan dari kaliamtan barat..
    umur 23thn..
    tingii 171 bb 60
    ya memang saya bbrp bulan ini makan tidak jaga-jaga.. cumi goreng, udang goreng, nasi goreng, kue tiaw goreng, bakso, martabak, nasi padang, apapun saya makan.. bukan hanya makan tidak jaga tetapi tidur pun saya suka jam 1-3 pagi..!!! (maklum masih sehat ga mikir sakit,, uda sakit baru deh ketakutan)
    dan 1bulan ini baru terasa efeknya.. saya terkena rematik di umur 20an.. hampir 2 minggu saya tidak bisa jalan normal krna rasa sakit yang luar biasa saat jalan.. bahkan saat tidur pun rasanya sangat menderita.
    tetapi skrg untuk jalan dan tidur sudah bs normal. hanya saya lutut saya masih bengkak dan terus mnm obat rematik dari dokter.. bila lepas obat rematik lutut makin bengkak.. ga tau deh harus sampe kapan mnm obat dari dokter.
    saya jg ada tes darah dan tes urine dan hasillnya tidak kalah menyedihkan..
    fungsi hati saya 3x lbh tinggi dari normal..
    untungnya saya blm menguning.. (mata kuning, tangan kuning) cm kencing saja agak keruh.
    saya sangat ketakutan terkena hepatitis.. ada yg menyarankan saya untuk cek ginjal dan cek hepatitis.. tetapi saya sangat tkt sekali.. saya takut hasilnya positif
    sudah 3hari ini saya cm makan buah dan makan syr.. dan mulai hari ini saya tidak makan nasi.. cuma buah dan sayur saja… tetapi efeknya terasa.. BAB jadi lebih lancar dan warnanya lbh segar (biasa agak pucat)
    saya mau tanya ni sama mbak..
    1. Sekarang kuning yang di mata mbak uda hilang blm?
    2. Bagaimana cara mbak tidak takut dan santai melawan penyakit mbak itu?
    (kalau saya sering merasa kyk tamat gitu… habis ni.. uda kena rematik.. fungsi hati tinggi.. 1 belum sembuh eh uda dpt 1 penyakit lagi.. saya sering ketakutan hingga nafsu untuk ngapain-pain jadi hilang bahkan smpe bdn dan kaki terasa dingin krn takut)
    mohon pencerahannya.. saya ingin lebih enjoy lwn penyakit saya seperti mbak… thanks hehe..

    • Hallo Asan, kita sama2 di banjarmasin. Diusia muda sy sering sakit, setelah berkeluarga, memilki anak2 , usia ortu bertambah, tampaknya gangguan penyakit cukup mengganggu aktivitas saya dan menyebabkan sy berpikir untuk mempelajari kesehatan lebih mendalam, dan sy rasa ada baiknya dalam satu keluarga ada seorang yg menyempatkan diri untuk belajar, karena dalam perjalanan hidup kita, selain bertemu dg calistung, ilmu dasar disekolah , kita juga akan bertemu dg gangguan kesehatan, dg belajar dasar2 kesehatan, selain bantuan dokter, kita juga akan lbh mudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi kalau ada gangguan sehingga proses penyembuhan cepat terjadi.

      Makanan adalah salah satu sumber agar kesehatan kita terjaga, pola makan dg pemenuhan 4 sehat 5 sempura secara seimbang dg kwalitas dan jumlah yg tepat sangat berpengaruh pada perbaikan disetiap kerusakan.

      Dg mengetahui kebutuhan tubuh kita dapat memilih makan yg tepat yg dibutuhkan tubuh seperti : karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein untuk pembangun jaringan/perbaikan kerusakan, vit min sebagai alat bantu (seperti tukang/polisi/pengawas), ada juga yg sbg bahan pembentukan hormon, enzim,dll, dan lemak sebagai cadangan makanan dan alat bantu melarutkan bbrp vit yg larut lemak ( vit a,d,e,k ).

      Kebutuhan manusia rata2 sama, tetapi kondisi / pola hidup yg berbeda membuat jumlah/jenis yg diperlukan berbeda.Dengan mengetahui kondisi tubuh kita dapat mengetahui apa yg kita perlukan, baik jumlah, jenisnya, dan dg pemilhan bahan yg berkwalitas perbaikan tentu akan segera terjadi.

  55. Buat tau hepatitis A, B, C, D, atau E itu diliat dari mana yah? Kalo masih 400’n katagori hepatitis apa? Cz wktu kmrn dokter cuma bilang “liver” -_-

  56. Saya sudah diopname selama kurang lebih 7hari awalnya tipes, cek darah hari ke 3 sgot sgop 139/159 tapi hari ini naik menjadi 438/469 saya hanya diam ditempat tidur dan umur saya baru 17 tahun, saya mau tanya gmana cara mba bisa tenang, dan definisi bedrest mba sprti apa? Trrima kasih saya sangat panik soalnya hhehehe

    • Wohhhh!
      Mau tenang?
      Duduk santai di ubud. Hihih! Pasti tenang.
      Kalau saya, bedrest ya cuma boboan aja, bangun nonton sebentar biar ga bosen, makan bubur, minum air yang manis-manis, minum rebusan air akar alang alang dan cepet sembuh yaaaa:)

    • Untuk perbaikan sel Bobo nya harus cukup dan makan nya sebisanya bnyk mengandung protein , vit dan mineral kwalitas oke…
      Kalau bobonya kurang perbaikan sulit terjadi
      Diumpamakan mobil, klo mau membetulkan ,mobilnya harus dalam keadaan diam,kalau mobilnya dalam keadaan dipakai tentu sulit .

  57. Blognya seru bgt,, mau sharing+mhn infonya jg..
    Saya usia 28 sekian2,, ga nyangka dri sakit yg dikiranya magh yg ga sembuh2 krna sblmnya emang udh punya magh tpi pas kambuh untuk kesekian kalinya mnum obat dokter ga sembuh2,, setelah gonta ganti dokter,, dokter terakhir nyaranin USG abdoment,, dann waaww ada gas yg bnyk dan batu empedu 4 buah,, akhirnya saya disarankan pergi ke RS yg lbh besar untuk penanganan,, dgn berbekal hasil USG tersebut saya disarankan cek darah dan skali lagii waaaww SGOT 911 SGPT 1160 Gamma 250 alkali phospat 289 bilirubin pun jg ikut naik.. Setelah dokter baca hasil tesnya saya pun di suruh lgi untuk MRCP,, tpi blm dilakukan.. Krna: mahal dan jg takut..
    Kira2 kalau saya mnum madu/temulawak/air rebusan alang2 untuk menurunkan SGPT dan teman2nya mslh ga yaa..
    Hikss hikss.. Mhn infonya..

  58. Yups,, thanks yaa atas supportnya..
    Ini lgi nyoba berobat ditmpt yg berbeda.. Apapun hasilnya moga diberi yg terbaik.. Amiiinn.. :)

  59. slmt pg. guys mw tnya. dl q tes sgpt awal 70 n sgot 120. kmdn q konsumsi temulawak n jelly gamat gold G n tes sgpt 39 n sgot 104. kmdn 1 bln lg tes kq mlh baik jd sgpt 54 n sgot 120. pdhl bln ni hrz normal biar bs d angkat jd karyawan tetap. gmn cara biar sgpt n sgot cpt normal guys??? mhn infonya guys….

Any comments, please....

