Dongeng (20) Babandotan

bunga babandotan

bunga babandotan

Dongeng malam kali ini tentang Babandotan.

Itu binatang? Bukan.

Ikan? Bukan.

Hantu? Bukan juga.

Babandotan hanyalah tanaman liar di padang rumput, di kebun teh, kebun cengkeh, kebun jagung, di tengah kebun sayuran, sisi kali dan banyak ditemukan di kaki Gunung Malang. Tanaman ini dibiarkan begitu saja. Kecuali di kebun sayur, tamanan ini akan dibabat habis.

Apa menariknya Babandotan ini? Domba tidak suka. Kambing tidak suka. Kelinci tidak suka. Sapi tidak suka. Marmut juga tidak suka. Semua hewan peliharaan tidak suka. Yahhh! Apa serunya dongeng ini?

Babandotan memang terlihatnya tidak berguna. Tanaman berbunga kecil, wangi, berdaun sedikit bau dan memiliki kandungan air ini merupakan tanaman yang sangat berguna. Berguna untuk siapa saja yang terluka. Tanaman ini sahabat bagi pencari kayu bakar, penyabit rumput dan petani yang terluka. Begitu juga untuk para pendaki gunung. Tanaman ini semacam antiseptik. Membuat luka cepat kering dan cepat sembuh. Cuma rasanya di luka sangat perih! Pedih!

Jadi kalau nanti ke hutan, kemudian terluka, cari saja daun Babandotan. Ambil beberapa pucuk daunnya. Gilas-gilas menggunakan kedua telapak tangan sampai air berwarna hijau tua keluar. Setelah itu, cocol-cocol daun Babandotan yang sudah banyak airnya ke bagian kulit yang terluka. Jika sudah merata, tempelkan daun tersebut ke luka lebih lama. Sampai perihnya nembus ke ubun-ubun. Lalu biarkan menempel di kulit dengan cara menutupnya menggunakan daun lainnya. Ikat kuat-kuat secukupnya. Buka beberapa jam kemudian. Luka pun kering.

Babandotan itu hanyalah sebagian antiseptik yang bisa ditemukan di alam dengan mudah. Sebenarnya, masih banyak antiseptik, obat luka lainnya di alam bebas. Ada yang namanya Kiteble. Nah, Kiteble ini tunggu saya dapat fotonya ya.

Dongengnya kurang seru ya. Tapi suatu saat bisa berguna kalau kamu terluka saat naik gunung.

Besok saya ceritakan dongeng sebelum tidur yang lebih seru. Mau?

“sonofmountmalang”

10 thoughts on “Dongeng (20) Babandotan

Any comments, please....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s