Jam buka dapur pawon.
Jam buka dapur pawon.

Jogja masih bernapas sesak di jam 11 malam. Angkringan-angkringan menjamur di pinggir jalan. Jalanan masih ramai. Rupanya anak-anak Jogja masih melek. Dimungkinkan kopi jos.

Saya sengaja mengosongkan perut sedari sore. Bukan untuk ikutan nimbrung di angkringan atau pun di warung lesehan pinggir jalan atau pun alun-alun. Saya mengosongkan perut demi GUDEG PAWON. Konon, banyak orang rela antri untuk menikmati gurihnya opor ayam, nasi panas, gudeg dan pindang telor.

Tanpa basa basi yang panjang, saya langsung menuju Gudeg Pawon di Jalan Janturan. 36-38. Parkiran mobil dan motor sudah banyak. Orang-orang sudah berdiri rapi, mengantri. Ada 12 orang di belakang saya dan ada 20 orang di depan saya. Yang melayani di dapur ada tiga orang. Satu bapak tua, satu ibu setengah muda dan sementara satu ibu lagi sibuk di bagian tungku. Mencuci piring, menanak nasi dan menyiapkan masakan opor, gudeg dan pindang telor. Gerakannya santai sekali, membuat perut saya dan pengunjung lainnya semakin lapar. GLEK!

Setelah menunggu penuh sabar, akhirnya saya mendapat giliran. Nasi, telor, gudeg dan opor ayam. Minumnya teh manis panas. Di makan saat jam 12 malam dalam kondisi perut selapar-laparnya. Dalam hitungan menit, piring sudah habis. Berniat untuk menambah, tapi harus ngantri di 20 orang lagi. Ditambah ingat juga sih perut sedang didietkan supaya memiliki perut six-pack dan dada membusung. Halah!

Sebelum pulang, saya membayar makanannya hanya 28 ribu saja. Murah, enak dan kenyang. Kacau nih Jogja. Makanannya masih murah-murah. Namun sayang, saya tidak sempat merasakan KOPI JOS. Tugas kerja di minggu berikutnya mungkin akan saya sempatkan jika masih ada waktu luang.

Bagaimana? Mau mencoba Gudeg Pawon? Mari….!

Antriannya.
Antriannya.
Semakin lama antriannya semakin banyak.
Semakin lama antriannya semakin banyak.
Si ibu sibuk menanak nasi.
Si ibu sibuk menanak nasi.
Masaknya masih menggunakan kayu bakar.
Masaknya masih menggunakan kayu bakar.
Opor panas. Glek!
Opor panas. Glek!
Pesanan saya. Lidah meleleh:))
Pesanan saya. Lidah meleleh:))
Sibuk makan.
Sibuk makan.
Jangan lupa ya minumnya teh manis panas!
Jangan lupa ya minumnya teh manis panas!
Bebas mau makan di mana saja.
Bebas mau makan di mana saja.

“sonofmountmalang”

 


23 responses to “Kerja-Traveling; Jogja – Gudeg Pawon”

  1. SiMunGiL Avatar
    SiMunGiL

    Akkk…saya masih belum bisa menikmati ini di Jogja.
    Sepertinya masih terlalu maniesss…huhuh…Tapi gpp buat bahan ngajak orang makan aja nanti!

    1. sonofmountmalang Avatar

      Apanya yang terlalu manis? Yang nulisnya? Ohhh…! Tentu itu:))

      1. SiMunGiL Avatar
        SiMunGiL

        #tepokjidat

        btw, masih kerja di matari kuningan situ kah?
        yuks ketemuan 😀 hehehe

      2. sonofmountmalang Avatar

        Masih di Matari, tapi kan udah pindah ke jalan panjang:((

  2. Chas Spain Avatar

    Looks like it was worth queuing up for. Love the photos of the cooks.

    1. sonofmountmalang Avatar

      Worth it! And it’s so delicious! Wanna try?:d

  3. winnymarch Avatar

    panjang bgt dah antriannya, klo aku mungkin udh gk jd hehhee

    1. sonofmountmalang Avatar

      Atas nama perut, ngantri nggak apa-apalah:p

      1. winnymarch Avatar

        mau coba ah ntar hehehe

  4. johanesjonaz Avatar

    aku belum kesini… 🙂

    1. sonofmountmalang Avatar

      Yuk! Ke sini yuk! Saya yang bayar sampe puas:p

      1. johanesjonaz Avatar

        emoh.. kalo bayarin sampe puas ya aku milih… sushi tei aja deh 😛 #dikeplak

      2. sonofmountmalang Avatar

        Nawar. *sodorin banci*

      3. johanesjonaz Avatar

        pake sumpah gak?

  5. chris13jkt Avatar

    Mantap memang gudegnya. Trus itu kelar makan jam berapa kalau mulai makan jam 12? 🙂

    1. sonofmountmalang Avatar

      Makannya sebentar. Ngantrinya yang lama:))

  6. POpo Avatar

    Beware: Antrian bejubel huahaha :)) At least jam 9 nyampe sana

    1. sonofmountmalang Avatar

      Makin banyak antri makin laper dan makin banyak pesannya:p

  7. Fipi Avatar

    Harganya udah harga turis luar kota sekarang T.T

    1. sonofmountmalang Avatar

      Untuk para turis sih murah banget tuh kayanya:d

  8. Fipi Avatar

    Masih ada gudeg lain yang bs jd alternatif sih kayak gudeg gejayan bu tekluk, gudeg permata, gudeg kayu

    1. sonofmountmalang Avatar

      Tapi kayanya gudeg ini tradisional. Yang lain begini juga cara masaknya?

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: