Emangnya situ siapa?!! Situ Gununglah!

_MG_5514

Subuh-subuh, langitnya cerah. Lensa Canon 10-22mm.

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan Indonesia banget. Jadi, marilah kita kenalan dengan salah satu situ di Sukabumi, Situ Gunung.
Menurut legenda yang diceritakan ulang Mang Ujang, nama Situ Gunung itu berasal dari perdebatan dua orang pencari kayu kabar. Dua pencari kayu bakar itu bernama Mang Situ dan Mang Gunung. Mereka berasal dari beda kampung dan tidak saling kenal. Ketika mereka sedang mencari kayu bakar, tiba-tiba ada harimau mengaum di dekat mereka. Sontak saja, mereka meninggalkan kayu bakar dan lari sekencang mungkin menuruni hutan. Sampai akhirnya mereka tiba di danau kecil. Mereka menyeburkan diri dengan harapan harimau yang mengejar itu tidak berani masuk ke danau.
Ketika mereka menyeburkan diri ke danau, rupanya danau tersebut cukup dalam dan airnya dingin, namun mereka harus bertahan dari serangan harimau. Melihat dua manusia berada di danau, harimau itu pun balik lagi ke hutan. Setelah beberapa jam dan yakin harimau tidak ada di sekitar, mereka barulah bisa saling menyapa.
            “Situ siapa?” tanya pencari kayu bakar satunya.
            “Gunung!” jawab pencari kayu bakar satunya.
            “Situ siapa?” tanya pencari kayu bakar yang namanya Gunung.
            “Situ!” jawab pencari kayu bakar.
            “Ahaaaa!” teriak Mang Gunung, “Bagaimana kalau danau yang nyelamatin kita dari serangan harimau ini, kita kasih nama dari nama kita.”
            “Ahaaa! Ide bagus tuh!” jawab Mang Situ, “Kita kasih nama danau ini SITU GUNUNG!”
            “Situ apa?!!!”
            “SITU GUNUNG!”
Tersebarlah berita soal dua pencari kayu bakar yang dikejar harimau dan berhasil diselamatkan oleh danau yang sudah mereka beri nama “SITU GUNUNG.” Kabar tersebut menjadi viral dan orang-orang penasaran dengan keberadaan Situ Gunung. Semenjak kejadian itu, Situ Gunung pun menjadi ramai dikunjungi orang, untuk piknik, kemping dan menjadi tempat wisata.
Begitulah legenda Situ Gunung yang ngaco dari Mang Ujang, seseorang yang saya ajak bicara pada jam 5 pagi di perjalanan menuju Situ Gunung untuk menunggu sunrise dan ketika sampai di situ, Mang Ujang mendadak hilang di balik pohon.
Itu Mang Ujang jelmaan siapa yah. Haaaaaa! #SIGARINGANYING!
Situ Gunung masih gelap gulita. Langit masih biru. Bulan masih terang. Kabut masih berselimut. Gunung membiru sudah tampak. Ketika pagi menyapa, mendadak saja langit memutih, matahari sembunyi, kabut kabur dan Situ Gunung pun terlihat jadi biasa saja. Tidak ada cahaya ilahi yang menembus celah-celah daun penuh kabut. Tidak juga pohon-pohon terselubungi kabut tebal. Semua pemandangan terlihat blak-blakan. Apa adanya. Situ yang dangkal karena kemarau panjang. Dan, seperti biasa, Indonesia pada umumnya, sampah plastik nyangkut di sudut-sudut situ.
Inilah Situ Gunung. Situ di kaki Gunung Gede – Pangrango, berlokasi di Cisaat, Kadudampit, Sukabumi – Jawa Barat. Situ yang dibangun oleh, menurut legenda, bangsawan Mataram, Rangga Jagad Syahadana atau Mbah Jalun (1770-1841). Buronan penjajah yang akhirnya menetap di kawasan Kasultanan Banten, tepatnya di kaki Gunung Gede-Pangrango. Si Mbah kewong sama gadis Kuningan-Cirebon dan punya anak bernama Rangga Jaka Lulunta. Karena bangganya punya anak laki, ia pun membuat Situ Gunung dengan bantuan jin. Lhaaa?! Kaya cerita Sangkuriang. Ya, itu yang terakhir saya ngarang sih.
Catatan: Jangan percaya tukang foto, mereka mengambil sudut yang bagus, momen yang bagus, lensa yang bagus dan sotosop yang bagus. Haks! Haks!
Jadi, kuis tebak situ nggak ada yang bener yak. Weeee!
20160131_060450

Yang ini pakai Samsung K Zoom.

_MG_5519

Masih gelap.

_MG_5548

Terangnya langsung berawan.

_MG_5549

Masih lumayan.

_MG_5555

Makin abu-abu langitnya.

_MG_5570

Hopeless dapet pemandangan drama koreanya.

_MG_5573

Foto-foto apa adanya aja yah.

_MG_5578

Rakitnya nganggur tuh, kaya kamu.

 

“sonofmountmalang”

Advertisements

4 thoughts on “Emangnya situ siapa?!! Situ Gununglah!

Any comments, please....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s